6 Cara Diet yang Baik Ala Orang Jepang, Ada Apa Saja?

Cara Diet yang Baik. Bagi sebagian orang, berat badan yang naik sampai tak terkontrol menjadi sebuah musibah. Badan terlihat lebih gemuk, bahkan pakaian-pakaian favorit jadi tidak bisa dipakai lagi. Jika sudah seperti ini, rasa gelisah bisa hinggap di dalam benak.

Namun tidak perlu khawatir berkepanjangan. Sebab kita bisa mengurangi berat badan dengan beragam tips diet yang ditawarkan. Mulai dari diet yang sederhana sampai dengan diet ekstrem. Melirik ke Negeri Bunga Sakura, Jepang, rupanya ada tips unik yang mereka lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami dan tanpa obat. Salah satu caranya adalah dengan trik psikologis untuk diet. Seperti apa sih trik tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini, sebagaimana dilansir dari laman Japanesestation:

  1. Mendengarkan musik saat makan

Eits, ini bukan sekedar mendengarkan musik saja, lho. Dengarkanlah lagu yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon rasa bahagia, misalnya lagu-lagu Mozart. Hal ini dapat menstimulasi pusat rasa kenyang, sehingga mencegah kebanyakan makan. Hindari lagu dengan tempo cepat karena malah bisa membuat kecepatan makan berubah, dan malah jadi makan terlalu banyak!

  1. Tidak perlu merasa bersalah saat makan kue

Orang-orang yang merasa bahwa makan kue itu β€œmenyenangkan” lebih lancar dalam mengontrol berat badan dibanding orang yang merasa bersalah saat makan kue. Selain itu, kesadaran mereka akan kesehatan dan makanan pun tinggi. Malah, banyak orang yang merasa bersalah setelah makan kue lalu menjadi stres karenanya dan berhenti diet, yang malah menyebabkan berat badan naik.

tips-diet-2

  1. Pilihlah alat makan dengan baik

Jika kalian mengubah ukuran piring kalian, kesan yang kalian dapat tentang jumlah makanan yang kalian makan akan berubah tanpa tergantung jumlah sebenarnya makanan yang kalian makan. Selain itu, gunakanlah sendok yang ukurannya lebih kecil, karena kalian akan lebih sering menyuap dan lebih cepat kenyang. Selain itu, gunakanlah warna alat makan yang kontras dengan warna nasi. Berdasarkan penelitian, 92% orang mengambil nasi lebih banyak saat menggunakan mangkuk putih.

  1. Pakaian yang tepat akan membantu diet

Tiga hari sekali pun tidak mengapa, cobalah kenakan baju yang ukurannya pas dengan badan kalian. Melakukan hal ini dapat membantu kalian menjaga bentuk badan. Selain itu, kalian akan lebih mudah merasa kenyang. Bahkan ada penelitian bahwa orang yang memakai baju longgar akan lebih mudah naik berat badan.

  1. Jumlah orang saat makan pun berpengaruh!

Jika dibandingkan, jumlah makanan yang kalian makan pada saat makan bersama lebih dari 7 orang, misalnya pada saat pesta, dan sebagainya, akan lebih banyak 96% dari jumlah makanan yang kalian makan saat sendirian.

  1. Ambil nafas dalam-dalam sebelum makan

Secara alami, makan akan mengambil waktu lebih banyak, dan jika mengunyah lebih banyak dan perlahan, maka kita akan merasa kenyang sebelum makan terlalu banyak, sehingga akan menghindarkan kita dari makan terlalu banyak.

Itulah cara diet yang baik ala orang Jepang yang bisa dipraktekkan sendiri. Tertarik untuk mencoba tips mudah ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s